Rabu, 23 Februari 2011

Pengertian Osmosis


Pengertian Osmosis
                   Pada prinsipnya pengertian osmosis adalah suatu proses difusi. Para ahli kimia menyatakan bahwa osmosis adalah difusi dari tiap pelarut melalui suatu selaput yang permeable diferensial. Seperti dikatakan diatas, pelarut universal adalah air melalui selaput yang permeable secara diferensial dari suatu tempat berkonsentrasi tinggi ke tempat berkonsentrasi rendah. Perlu ditekankan bahwa “konsentrasi disini adalah konsentrasi pelarutnya, yaitu air dan bahan konsentrasi dari zat larut (molekul ion) dalam air itu. Pertukaran air diantara sel dan lingkungannya adalah suatu faktor yang begitu penting sehingga memerlukan penamaan khusus yaitu osmosis.
                   Osmosis adalah difusi atau aliran-aliran substansi-substansi melalui suatu membran. Jika membran cukup permeable (dapat dilalui dengan lancar) cairan dan partikel terlarut, baik molekul maupun ion dari dua larutan diantara membran yang berseberangan akan berpindah, bergerak atau mengalir, (berdifusi).
                   Osmosis adalah peristiwa perpindahan masa dari lokasi dengan potensi solvent tinggi, menuju lokasi berpotensi solvent rendah melalui membran semi permeable, umumnya yang disebut solvent disini adalah air dapat dikatakan bahwa peristiwa osmosis adalah transfer solvent (dan bukan salut) sedangkan transfer salut dikenal sebagai dialysis (arah aliran dari titik berpotensi solut tinggi menuju ke rendah (Wibisono, 2006).
                   Menurut Svendsen dan Anthony (1974), osmosis ialah perpindahan molekul pelarut melewati membran menuju ke daerah yang konsentrasi zat terlarutnya lebih tinggi untuk membran yang tidak dapat ditembus. Perpindahan ini dapat dihalangi dengan pemindahan tekanan yang lebih pada zat pelarut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar